Kamis, 28 Januari 2010

Koin Emas, Koleksi dan Investasi

Pilihan investasi emas yang paling obyektif adalah investasi di emas lantakan. Meskipun demikian, ada beberapa investor emas yang tidak terlalu menyukai emas lantakan, karena hanya memiliki nilai intrinsik dan tidak memiliki nilai ekstrinsik. Nilai ekstrinsik yang dimaksud disini adalah nilai seni, kelangkaan, history dan kepuasan batin. Kolektor emas, lebih menyukai emas dalam bentuk koin. Koin diterbitkan beberapa negara dan memiliki sejarah dan serinya sendiri. Masing-masing koin ini memiliki standar yang baku dan nama sendiri untuk membedakan masing-masing seri dari emas tersebut. Sebut saja ada Canadian Maple Leaf dari Canada, Chinesse Panda dari Cina, American Eagle dari Amerika, dan masih banyak lagi seri koin emas ini. Kolektor emas banyak memilih koin emas ini karena nilai ekstrinsiknya selain juga sebagai nilai intrinsiknya. Semakin langka koin emas, maka harganya juga akan semakin mahal. Sehingga koleksi emas koin selain sebagai hobby juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Koin emas adalah salah satu pilihan investasi emas yang baik, karena bentuknya yang menarik, mudah diperjual belikan, dan memiliki standar yang sudah dikenal luas.

Kegiatan mengoleksi koin emas ini memang menarik. Bahkan telah berkembang menjadi cabang ilmu sendiri yaitu Numismatik, yaitu ilmu pengetahuan untuk mengenal, mempelajari, dan mengkoleksi koin emas ini. Koleksi koin emas ini banyak dilakukan kolektor emas yang sudah mapan. Koin emas memiliki harganya sendiri, terkait dengan nilai ekstrinsiknya. Ada dua faktor yang hars diperhatikan dalam berinvestasi melalui koin emas, yaitu grade atau tingkatan dan scarcity atau kelangkaan. Grade yang dimaksud disini adalah kualitas dari koin yang dikoleksi, sedangkan scarcity disini tingkat kelangkaan dari koin tersebut. Semakin langka, maka akan semakin mahal harga suatu koin. Dalam mengkoleksi koin emas, lebih baik anda memiliki satu koin tapi di banyak seri, daripada satu seri tapi banyak koin. Apabila seorang kolektor sudah mengincar salah satu seri koin yang langka, maka tidak segan-segan dia akan merogoh koceknya dalam-dalam. Apalagi kalau seorang kolektor memang murni kolektor untuk kepuasan batin.
Berikut ini kita akan mempelajari beberapa contoh koin emas yang dapat dipilih sebagai investasi :



Koin Emas Amerika Serikat
Amerika Serikat adalah salah satu produsen emas dan konsumen emas besar dunia. Sebagai pelengkap ekonominya yang berbasiskan dolar, US menerbitkan berbagai koin emas, bahkan sampai ratusan seri koin emas. Seperti American Eagle, dan Indian Head.

Koin Emas Saudi Arabia
Bangsa Arab sudah mengenal emas sebagai alat tukar sejak lama, karena semenanjung arab adalah tempat pertemuan perdanganan Timur dan Barat. Sampai saat ini pemerintah Arab Saudi masih menerapkan Real, Dinar, dan Dirham sebagai mata uang. Selain itu mereka juga menerbitkan beberapa seri koin Saudi Arabia.

Koin Emas China
China sudah sebuah bangsa yang sejak lama mengenal emas sebagai perhiasan dan alat tukar. Sekaran China termasuk konsumen terbesar emas selain juga India. China juga memiliki banyak seri koin emas. Yang terkenal seperti Koin Emas Panda yang diterbitkan tahu 1982. Setiap tahun keluar koin Panda dengan desain yang berbeda-besa.

Masih banyak lagi negara yang menerbitkan koin dan memiliki seri-seri tertentu. Apabila anda berminat untuk mempelajarinya lebih mendalam, anda dapat membacanya di http://coins.about.com/ dan di website lain berkaitan dengan koin emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar