Kamis, 28 Januari 2010

Emas, Sarana Investasi dan Hedging

Emas selain sebagai komoditas dan nilai seninya yang tinggi, juga suatu sarana alternatif investasi. Ada dua fungsi investasi dengan menggunakan emas, yaitu capital gain dan lindung nilai ( hedging ). Capital gain adalah hasil yang diperoleh dari menginvestasikan sejumlah uang atau barang yaitu dengan kenaikan harganya. Sedangkan sebagai lindung nilai ( hedging ), emas merupakan tempat berlindungnya kita terhadap nilai inflasi yang tinggi dan resiko ekonomi yang tinggi, sehingga nilai kekayaan kita relatif tetap dan aman. Kedua fungsi inilah yang menjadikan emas suatu investasi yang relatif aman. Bahkan bank-bank sentral, meningkatkan kestabilan nilai mata uang negaranya salah satunya dengan memiliki cadangan emas yang banyak. Meskipun tidak selalu, jumlah emas yang menjadi cadangan suatu negara mempengaruhi kekuatan suatu mata uang dan tingkat inflasinya.

Harga emas akan selalu mengikuti harga minyak dunia, dimana ketika harga minyak naik, harga emas akan relatif naik. Emas juga mengikuti inflasi suatu negara, apabila inflasi 10%, maka emas kemungkinan besar naik lebih besar dari 10% pertahun. Harga emas juga akan mengikuti kurs mata uang, disaat kurs dolar meningkat seperti sekarang ini, harga emas juga akan naik terus. Dengan kondisi seperti ini, maka emas memang merupakan alat investasi yang terbaik ketika terjadi krisis moneter dan kondisi politik yang kurang baik.

Secara histori anda dapat melihat harga emas relatif naik, meskipun tidak selalu seperti ini. Ketika ekonomi baik, inflasi rendah, harga emsa relatif stabil. Harga emas dipatok dalam satuan internasional troy once dan gram. 1 troy once adalah 31,1034768 gr. Ini yang sering digunakan sebagai satuan perdagangan emas di dunia dan dalam satuan USD. Kalau anda menemukan harga emas USD 900, itu artinya harga USD 900 untuk 1 troy once, atau USD 28.9/gram. Berikut gambar grafik harga emas dunia rata-rata tahunannya dari tahun 1979 - 2009:



Sedangkan untuk tahun 2009 sampai dengan artikel ini ditulis grafik harganya dapat anda lihat dibawah ini :



Untuk melihat data harga emas internasional, anda dapat mencarinya di Kitco, salah satu referensi dunia tentang emas, anda dapat melihatnya disini.

Harga ini belum dikonversikan kedalam harga rupiah pergram. Akan menjadi sangat fantastis kenaikan harganya apabila ada krisis ekonomi seperti tahun 1998 yang melanda dengan dasyat di Indonesia, dan tahun 2007 - 2009 ini. Dimana kurs rupiah melemah, disitu harga emas relatif akan naik. Bandingkan ketika tahun 1997 harga emas rata-rata USD 331 / troy, atau Rp. 31 rban / gram dengan kurs Rp.3000 , sekarang harga emas USD 905 / troy atau Rp. 343.000 / gram versi Logam Mulia. Kenaikan yang cukup luar biasa 1.100% dalam 12 tahun, atau artinya 92,2% / tahun selama 1997 sampai 2009. Ini terjadi karena krisis yang melanda tahun 1998 dan 2007 ini. Dan dunia akan terus ada waktunya untuk krisis, sehingga sewaktu-waktu emas bisa naik sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar